macam macam hewan laut

Macam Macam Hewan Laut

Macam-macam hewan laut – Hewan laut dalam atau ikan laut-dalam yang biasa di sebut menggunakan (bahasa inggris: deep-sea fish) Adalah istilah kolektif ikan yang masih hidup dalam Kegelapaan yang ada di bawah permukaan perairan yang disinari oleh cahaya matahari.

Epipelagik atau yang biasa di kenal dengan sebutan zona fotik yang ada di lautan ini biasa nya menyerupai ikan lentera, ikan lentera ini adalah ikan laut dalam yang keberadaan nya banyak di laut dalam, ikan laut lainnya yang termasuk ikan senter, anglerfish, viperfish dan hiu pemotong dan ada juga yang berasal dari beberapa spesies dari  (eelpout.)

Hanya sekitar 2% spesies hewan laut yang sudah diketahui menghuni lingkungan yang berjenis pelagik, yang di bandingkan dengan organisme-organisme bentik yang hidup di dalam satu dan di atas dasar laut, Organisme-organisme laut yang dalam umumnya menghuni di zona batial  yang berkedalaman 1000-4000m.

Zona Abisal

Zona Abisal yang mempunyai kedalaman 4000-6000m ini namun ber-karakteristik dengan oragnisme-organisme laut dalam, seperti jenis bioluminesensi yang dapat ditemui di zona mesopelagik  yang mempunyai kedalaman 100-2000m. Zona mesopelagik adalah zona disfotik, yang berarti cahaya yang sangat minim yang dapat di ukur.

Lapisan yang minim oksigen ini berada di kisaran sekitar kedalaman laut 700m – 1000m tergantung dengan lokasinya yang berada di lautan. Daerah ini juga merupakan tempat makanan yang sangat melimpah untuk ikan laut, zona batial dan abisal merupakan zona yang berjenis afotik yang berarti tidak ada cahaya yang bsa menembus lautan ini.

macam macam hewan laut
gambar via creativemarket

Zona-Zona ini dapat membentuk sekitar 75% ruang lautan yang dapat dihuni oleh ikan laut. zona epipelagik yang berkedalaman 0-200m merupakan daerah di mana cahaya dapat menembus perairan dan fotosintesis yang biasa terjadi. Zona ini biasa dikenal dengan zona fotik, karena zona ini biasanya hanya sedalam 100m dibawah permukaan air.

Banyak juga hewan laut unik yang mungkin bisa kita temukan, seperti landak laut, mentimun laut, ulat laut hingga kura-kura laut yang bentuk dan warnanya menyerupai pasir dan hidup di dasar laut, keren sekali.

Laut dalam ini bervolume sekitar 90% dari volume lautan, yang berada didalam kegelapan. Laut dalam juga merupakan lingkungan laut dalam yanam yang sangat tidak bersahabat suhunya, jarang sekali melebihi 3°C  dan yang paling rendah sampai dengan -1.8° C, Pengecualian terhadap ekosistem yang terdapat entilasi hidrotermal.

Suasana di Dalam Laut

Di lautan dalam yang jauh dari perairan memanjang di bawah zona epipelagik dan menunjang bagi beragam-ragam jenis ikan  pelagik  yang beradaptasi untuk berkembang biak untuk hidup di zona yang sangat dalam ini, pada perairan ini yang dalam terdapat salju laut (marine snow) yang merupakan hujan terus menerus.

Marine Snow merupakan sebagian besar jatuhan dari detritus organik dari lapisan- lapisan kolom air yang berasal pada kegiatan-kegiatan dari zona fotik yang sangat produktif. Salju laut termasuk plankton yang sedang sekarat atau yang mati, Protista yaitu kotoran, pasir , jelaga dan debu-debu anorganik jenis lainnya.

Kepingan Salju ini berkembang Dari Waktu ke waktu yang cukup lama dan bisa mencapai diameter  dan beberapa sentimeter, bisa mengambang Berminggu-minggu sebelum sampai ke dasar samudra. Namun sebagian besar dari komponen organik yang terdapat dari salju laut ini sering dikonsumsi oleh mikroba, zooplankton dan hewan penyaring.

Oleh karena itu salju laut yang di anggap sebagian dasar laut pada ekosistem mesopelagik dan bentik dikarenakan sinar matahari tidak dapat mencapainya, organisme – organisme laut ini yang sangat bergantung pada adanya salju laut untuk menjadikannya sumber energi, beberapa kelompok pelagik seperti , lanterfish dan lightfist yang disebut pseudoceanici. Sekian dari pembahasan tentang Macam – macam hewan laut, Semoga berguna untuk teman-teman pembaca.

 

 

Leave a Comment