10 Cara & Tips Membuat Form Invoice Untuk Hotel

10 Cara & Tips Membuat Form Invoice Untuk Hotel

Dewasa ini, berbicara mengenai keperluan pembayaran, form invoice di dunia nakomodasi seperti perhotelan masih jarang digunakan. Padahal, form invoice ini banyak memiliki manfaat. Salah satu manfaatnya yaitu tata kelola keuangan hotel akan semakin terorganisir dengan baik, laporan keuangan bisa lebih transparan, dan juga semakin memudahkan dalam penataan keputusan pembayaran. Nah, setelah mengetahui manfaat dari invoice, rasanya kurang lengkap jika Anda tidak mengetahui cara membuatnya. Dalam artikel kali ini akan diulas mengenai tips membuat form invoice.

10 Cara & Tips Membuat Form Invoice Untuk Hotel
10 Cara & Tips Membuat Form Invoice Untuk Hotel

Pastikan Invoice Mudah Dimengerti

Sebelum membahas mengenai cara membuat invoice, ada baiknya jika kita memastikan invoice yang akan kita buat mudah untuk dimengerti. Nah, untuk memudahkan pelanggan dalam mengidentifikasi barang apa saja yang telah mereka pesan, maka sebagai penjual perlu untuk menulis daftar barang secara lengkap. lengkap di sini dalam artian harus terdapat nama barang, ukuran, jenis, bahan, dan lain sebagainya.

Ketika invoice ini keterangannya sudah lengkap dan mudah dipahami, maka pembeli akan segera melunasi tagihannya. Akan lebih baik lagi jika di dalam invoice ini disertakan logo perusahaan Anda. Selain membuat hotel atau perusahaan Anda terlihat profesional, adanya logo juga membuat invoice tagihan Anda mudah dikenali oleh pelanggan.

Cara Membuat Tagihan Invoice Yang Benar

Sebenarnya membuat invoice bukanlah masalah yang rumit. Membuat invoice ini bisa dibilang cukup mudah. Saat ini semakin mudah dengan adanya internet. Sehingga, pertukaran informasi semakin pesat , cepat dan mudah ditemukan. Jadi Anda bisa mencari referensi invoice yang simpel dan mudah.

Setiap perusahaan memang berbeda dalam membuat form invoice. Nah, di sini akan diulas cara membuat form invoice yang secara umum dan pastinya akan sangat mudah untuk ditiru. Adapun, berikut ini tips membuatnya:

  1. Yang terpenting dalam invoice adalah mencantumkan dahulu identitas penjual atau logo.
  2. Setelah itu, cantumkan identitas lengkap pembeli. Hal ini bertujuan agar semakin mudah dalam menagih.
  3. Jangan lupa untuk menyediakan tempat nomor invoice atau nomor surat pemesanan yang berhubungan dengan invoice.
  4. Dalam membuat invoice, harus menyertakan List dan rincian barang yang akan dibeli pelanggan. List ini meliputi deskripsi barang, harga satuan barang, jumlah, dan total harga barang tersebut secara keseluruhan.
  5. Tanggal pemesanan dalam invoice juga perlu untuk dicantumkan.
  6. Yang terpenting dan paling utama dalam invoice adalah mencantumkan harga.
  7. Total pembayaran atau total pajak juga perlu dicantumkan jika ada.
  8. Di invoice bagian bawah, sediakan tujuan pembayaran yang bisa dipilih bagi customer. Dengan kata lain, bisa berupa rincian nomor rekening bank yang akan dituju.
  9. Yang terakhir yaitu kolom tanda tangan untuk pembeli atau penerima barang pesanan sesuai yang ada di dalam invoice tersebut.
  10. Dalam membuat invoice untuk satu pembeli, sebaiknya berjumlah 3. Satu untuk pembeli, yang dua untuk laporan kepada perusahaan.

Demikian ulasan mengenai tips membuat form invoice untuk hotel dan untuk bisnis lainnya. Semoga Bermanfaat..

Leave a Comment