Apa Saja yang Harus Di Siapkan Untuk Mengurus IMB Bank?

Izin mendirikan bangunan tidak hanya berlaku untuk bangunan rumah tinggal saja namun juga berlaku untuk bangunan umum seperti rumah sakit, bank, dan bangunan umum yang lain. Ini karena biasanya sebuah bangunan umum di bangun di atas lahan yang sangat luas sehingga memerlukan IMB sebagai syarat utama agar bangunan tetap bisa berdiri dan tidak di gusur.

Selain itu IMB yang Anda miliki adalah sebuah bukti bahwa bangunan Anda adalah sah milik Anda begitupun Anda sudah mendapatkan izin dari pemilik tanah untuk Anda membangun bangunan di tempat tersebut jika tanah tersebut masih atas nama orang lain. Sehingga tidak akan ada masalah yang timbul di kemudian harinya.

Cara Mengurus IMB Untuk Bangunan Bank

Jika di berbicara tentang cara mengurus IMB untuk bangunan umum bisa di bilang caranya tidak jauh seperti cara mengurus izin mendirikan bangunan untuk rumah tinggal. Namun ada beberapa hal yang membedakan antara cara mengurus IMB untuk kedua bangunan tersebut. Adapun hal-hal yang harus Anda persiapkan ketika akan mengurus IMB untuk bangunan bank adalah sebagai berikut ini.

  1. Formulir tentang permohonan IMB
  2. Surat pernyataan tidak sengketa (bermaterai)
  3. Surat Kuasa (jika dikuasakan)
  4. KTP dan NPWP ( pemohon dan/yang dikuasakan)
  5. Surat Pernyataan Keabsahan dan Kebenaran Dokumen
  6. Bukti Pembayaran PBB
  7. Akta Pendirian (Jika pemohon atas nama perusahaan/badan/yayasan)
  8. Bukti kepemilikan tanah (surat tanah)
  9. Ketetapan Rencana Kota (KRK)/RTLB
  10. SIPPT (untuk luas tanah > 5.000 m2)
  11. Gambar rancangan arsitektur (terdiri atas gambar situasi, denah, tampak, potongan, sumur resapan) direncanakan oleh  arsitek yang memiliki IPTB, diberi notasi GSB, GSJ dan batas tanah)
  12. Gambar konstruksi serta perhitungan konstruksi dan laporan penyelidikan tanah (direncanakan oleh perencana konstruksi yang memiliki IPTB)
  13. Gambar Instalasi (LAK/LAL/SDP/TDP/TUG)
  14. IPTB (Izin Pelaku Teknis Bangunan) arsitektur, konstruksi dan instalasi ( legalisir asli )
  15. IMB lama dan lampirannya (untuk permohonan merubah/menambah bangunan)

Memang dokumen yang di persiapkan untuk membuat IMB bangunan umum lebih banyak di bandingkan dengan dokumen untuk mengurus IMB bangunan rumah tinggal. Ini di karenakan ada banyak pihak yang berkecimpung dalam pembangunan bangunan umum. Sedangkan tahapan untuk mengurus pembuatan IMB bangunan umum adalah:

  1. Langkah pertama adalah Anda harus mendatangi PTSP atau singkatan dari loket pelayan terpadu satu pintu yang terdapat di kota Anda.
  2. Setelah itu Anda akan mendapatkan sebuah formulir maka isi lengkap formulir tersebut.
  3. Lalu Anda akan di minta menyerahkan semua persyaratan yang sudah Anda bawa dari rumah.
  4. Kemudian akan ada pihak yang mensurvey ke perusahaan Anda dan menotalkan biaya yang di butuhkan untuk membuat IMB bangunan umum.
  5. Setelah Anda mendapat total biaya maka Anda bisa membayarkan kisaran tersebut di bank daerah setempat.
  6. Bukti pembayaran kemudian serahkan ke loket PTSP bagian administrasi dan tunggu hingga IMB Anda jadi.

Biasanya IMB untuk bangunan bank kan jadi sekitar 25 hari setelah Anda membayarkan semua biaya IMB tersebut. Untuk kisaran besar kecilnya biaya itu tergantu seberapa luas dan besar bangunan bank yang akan buat nantinya atau bangunan umum yang sudah ada.

Namun bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk mengurus IMB bangunan bank atau tidak ingin ribet maka Anda bisa menggunakan jasa kami dengan cara klik di sini. Karena dengan menggunakan salah satu dari dua jasa pembuatan IMB ini maka Anda tinggal menunggu di rumah maka otomatis IMB Anda bisa langsung jadi.

Leave a Comment