Jenis Jenis Burung Murai Batu Populer

Jenis Jenis Burung Murai Batu Populer

Jenis Jenis Burung Murai Batu Populer –¬†Ada beberapa jenis murai batu yang bagus dari segi suara dan bentuk serta banyak dipelihara untuk dijadikan burung kicau lomba atau gantangan, Dan pada kali ini mari kita kenali beberapa jenis burung murai batu yang populer dikalangan penggemar kicau burung.

Burung murai batu adalah salah satu dari jenis burung kicau yang banyak dipelihara oleh penggemar kicau, suaranya yang lantang dan keras serta mampu menirukan suara suara kicau burung lainnya yang membuat variasi suara burung murai batu semakin kaya dan berkelas.

Burung ini termasuk kedalam golongan burung cerdas sehingga mampu mendongkrak nilai jual serta menjadi burung favorit.

Namun tak semua jenis burung murai batu terkenal, ada beberapa yang tersohor dan ada pula yang tidak. Dan pada kesempatan kali ini mari kita kenali beberapa jenis burung murai batu populer dan bisa menjadi referensi untuk anda.

Jenis Burung Murai Batu Terpopuler

1. Murai Medan

Burung murai medan adalah satu dari sekian banyak jenis burung murai batu populer, dan burung ini digadang gadang menjadi jenis burung murai paling diminati dan dipelihara. Sehingga harga jual burung ini cukup mahal, namun dari segi kualitas suara memang sudah tidak bisa diragukan lagi.

Suara dari murai mudan terkenal sangat gacor dan tak sedikit pemilik burung murai mencari suara burung ini baik suara asli maupun dengan download suara murai batu di internet untuk dijadikan suara masteran.

Murai medan mampu mengkombinasi suara berkicaunya, kemudian warna yang cenderung simple namun eksotis menjadikan nilai lebih dari burung ini. Maka tak ayal untuk saat ini jenis murai medan menjadi high class di antara burung jenis murai lainnya.

2. Murai Nias

Bagi penggemar burung kicau pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis burung murai satu ini. Ya, murai nias namanya.

Sesuai dengan namanya, yakni burung murai nias. Jenis murai batu satu ini berasal dari daerah nias.

Murai nias juga merupakan salah satu jenis terpopuler dari keluarga murai batu, kualiatas kicau atau suaranya hampir sama atau sekelas dengan murai batu. Berbeda pada bentuk tubuh yakni pada bagian ekor saja.

Taukah anda, bahwasannya didaerah asal burung ini yakni di daerah nias sana, burung ini dikenal bukan dengan sebutan burung murai nias melainkan disebut dengan burung tatohua.

Kelebihan suara dari murai nias ada di volume suara dan kualitas kejernihan suaranya, dan seperti disebutkan diawal awal tadi bahwasannya burung ini memiliki tingkat kecerdasa yang baik sehingga mampu untuk menirukan dengan merekam suara suara burung lainnya yang dia dengarkan.

3. Murai Lampung

Selain murai medan, didaerah sumatra lainnya yakni di provinsi Lampung terdapat jenis burung murai batu yang cukup populer dan diminati oleh para penggemar burung kicau. Mereka menyebut burung murai asal lampung ini dengan sebutan Murai Lampung.

Murai Lampung memiliki ciri fisik pada bagian ekornya yang cenderung lebih pendek dibandingkan saudara serumpun mereka dari daerah sumatra yakni murai medan dan aceh.

Dari segi mental, murai lampung masih juara bila kita bandingkan dengan murai jenis lainnya. Selain itu ciri khas kicauannya juga membuat burung ini memiliki daya tarik tersendiri untuk para penggemar burung kicau mania.

Dan tak sedikit pula yang menjadikan burung murai lampung menjadi gacoan ketika di gantangan atau perlombaan.

Kelebihan lainnya yakni dari segi tenaga atau stamina, burung murai lampung memiliki stamina yang bagus saat beradu kicau dengan burung lainnya. Dia tidak mudah lelah atau capek seperti jenis lainnya.

Dan seperti burung murai kebanyakan, murai lampung juga memiliki tingkat kecerdasa yang baik sehingga mampu menirukan suara suara burung yang mereka dengarkan.

4. Murai Kalimantan

Sesuai dengan namanya, yakni murai kalimantan. Jenis burung murai batu satu ini berasal dari daerah Kalimantan sana.

Jenis burung murai satu ini memang jarang diminati oleh para penggemar burung kicau mania, entah apa alasan mereka.

Namun jika kita lihat dari segi suara memang burung ini tidak segacor dan selincah burung burung murai batu asal sumatra seperti medan dan lampung.

Murai kalimantan cenderung memiliki volume suara yang tidak keras dan cenderung sedikit sekali variasi yang dimiliki, mungkin alasan inilah yang menjadi penyebab burung murai kalimantan sedikit peminatnya.

Namun jika kita melihat dari segi warna, burung murai kaimantan memiliki tingkat eksotis dan keindahan lebih dibanding burung murai lainnya.

5. Murai Aceh

Jenis burung murai asal pulau sumatra lainnya yang memiliki suara gacor dan banyak peminatnya adalah murai aceh.

Ya, murai aceh merupakan salah satu andalan para penggemar kicau burung saat berlaga. Kualitas suara dari murai aceh tak kalah saing dengan jenis murai lainnya seperti jenis murai medan.

Secara fisik, burung murai aceh ini hampir sama dengan jenis burung murai medan. Dan dari sinilah banyak bermunculan para penggemar kicau burung murai yang memeilhara jenis burung murai satu ini.

Secara stamina juga burung murai aceh sangat baik, dia tidak mudah lelah saat beradu suara dengan burung lainnya dan dari segi kecerdasan juga tak kalah saing, burung ini memiliki tingkat kecerdasan sama seperti jenis burung murai lainnya yakni mampu menirukan suara burung kicau lainnya.

Nah, itu tadi 5 jenis burung murai batu populer yang banyak kita jumpai saat acara acara perlombaan.

Leave a Comment